Selasa, 31 Januari 2012

Resensi

Judul buku : Pengantar Teori Mikro Ekonomi
Penulis : Sadono Sukirno
Editor :
Jumlah halaman: 336 halaman
Dicetak oleh : Fakultas Ekonomi UI dengan Bima Grafika
Harga : Rp.6.500

Buku ini ditulis sebagai usaha untuk melengkapi buku buku pengantar teori makro ekonomi nya. Teori dasar dalam ilmu ekonomi dibedakan dalam dua teori utama, yaitu teori ekonomi makro ekonomi dan teori mikroekonomi. Pentingnya mahasiswa-mahasiswa untuk lebih memahami persoalan-persoalan pokok yang dihadapi dalam suatu perekonomian dan memperoleh manfaat sebanyak mungkin.
Buku ini merupakan suatu analisis pengantar mengenai teori mikroekonomi yang sangat komperhensif. Uraian-uraiannya menerangkan tentang teori-teori dasar yang diliputi oleh analisa mikroekonomi. Buku ini secara selangkah demi selangkah mencoba menerangkan apa yang harus diproduksi di masyarakat, bagaimana barang-barang tersebut diproduksikan dan untuk siapa pendapatan nasional didistribusikan.
Analisa dalam buku ini di bagi menjadi 6 bagian, yaitu :
Bagian 1 : ilmu ekonomi, masalah ekonomi, dan kegiatan perekonomian
Bagian 2 : permintaan, penawaran, dan aplikasi analisa permintaan dan penawaran
Bagian 3 ; teori tingkah laku konsumen
Bagian 4 : fungsi produksi dan ongkos produksi
Bagian 5 : bentuk-bentuk pasar dan penentuan harga
Bagian 6 : penentuan pendapatan dan faktor-faktor produksi (teori distribusi)

Pada setiap bagian analisanya terdapat beberapa Bab, dan buku yang di tulis oleh Sadono Sukirno ini mempunyai 18 Bab, yang dalam setiap Bab nya diberikan uraian berupa penjelasan , definisi, grafik, masalah-masalah ekonomi, dan segala hal yang berhubungan dengan teori mikro ekonomi ini.
Diawali dengan definisi dasar mengenai pengertian ilmu ekonomi dan istilah ekonomi. “Ekonomi bersumberndari dua kata yunani, yaitu oiku dan nomos yang berarti aturan-aturan rumah tangga.” Sedangkan ilmu ekonominya sendiri adalah ‘suatu studi mengenai bagaimana masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan di masa mendatang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat.”
Teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat-sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan membuat ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya wujud.
Mikroekonomi adalah cabang dari ilmu yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas factor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro ini meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa yang akan menentukan harga, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.
Salah satu tujuan ekonomi mikro ini adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relative kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternative. Tujuan dalam perekonomiannya yakni Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat, menciptakan kestabilan harga, mengatasi masalh pengangguran, mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.
para pemakai buku ini, yang berkeinginan membaca buku-buku lain yang berkaitan dengan teori mikro ekonomi elementer yaitu buku yang disediakan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun pertama dapat memilih salah satu atau beberapa buku yang didaftarkan dibawah ini. Sebagian dari buku-buku tersebut meliputi juga teori ekonomi mikro dan aspek-aspek lain dari dasar-dasar tepri ekonomi juga referensi utama yang digunakan penulis dalam mempersiapkan buku ini.
1. G.L. Bach, Economics, An introduction to Analysis and policies,edisi kelima, New Jarsey, Prantice-hall, 1968
2. R.N. Waud, Economics, Harper&Row, New York, 1980
3. R. Dorfman, Prices and Markets, Prentice-Hall, New Delhi, 1976
4. L.G. Reynolds, New Jersey, Prentice-hall, 1975
5. P.A. Samuelson, Economics , edisi kesepuluh, New York, Harper&Row, 1973

1 komentar: