Rabu, 17 November 2010

Mendidik anak sejak dini





Mendidik anak sejak dini sangat menentukan perkembangan kedewasaan anak. Berikut adalah beberapa tips mendidik anak sejak usia dini :
-          Berikan contoh dengan mengajaknya ikut serta pada kegiatan sehari-hari yang positif. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan misalnya membersihkan rumah bersama-sama, ajarkan pada anak untuk membersihkan dan merapikan sendiri setelah selesai bermain. Biasakan anak melakukan kegiatan positif seperti membaca buku.
-          Berikan contoh untuk menaati waktu bermain, belajar, dan waktu tidur. Biasanya anak dibawah umur lima tahun memerlukan waktu tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa sehingga seorang ibu harus mengajarkan waktu-waktu kapan harus bermain dan beristirahat, hal ini dilakukan untuk kesehatan anak itu sendiri.
-          Menghindarkan anak-anak dari hal-hal yang bersifat buruk. Hindari melakukan hal-hal buruk didepan sikecil. Seperti bertengkar, karena dengan bertengkar di depan anak otomatis akan memberikan contoh kekerasan dalam keluarga di depan anak, sehingga menimbulkan trauma psikis pada si anak itu sendiri.
-          Sisakan waktu bersama anak-anak. Ditengah-tengah kesibukan sebagai orangtua , sisakan waktu untuk bermain bersama anak-anak sehingga timbul rasa kasih sayang sekaligus pembelajaran pada anak.
-          Usia 7 tahun, bagi yang beragama islam mulailah mengajarinya untuk sholat. Bila si kecil masih malas-malasan tetap ingatkan kalau perlu ajak dia sholat atau sembahyang bersama.


Dikutif dari : Seputar Indonesia , kamis 9 Juli 2009 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar